Rangkuman Bab 1 Informatika
INFORMATIKA
1. Apa dan Mengapa Perlu Belajar Informatika?
Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan,
dan
pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang
menjadi dasar
perancangan tersebut. Komputasi adalah ilmu yang berkaitan
dengan
pemodelan matematika dan penggunaan komputer untuk
menyelesaikan
masalah-masalah sains. Istilah informatika sepadan dengan
istilah dalam
bahasa Inggris informatics, computing, atau computer
science.
Informatika mencakup pemodelan dari komputasi dan
aplikasinya dalam
pengembangan Sistem Komputer. Apa itu komputasi? Menurut
KBBI,
komputasi adalah: (1) penghitungan dengan menggunakan
komputer; (2)
dalam matematika, penghitungan dengan menggunakan bilangan-bilangan
atau peubah-peubah yang dilaksanakan berdasarkan urutan
langkah yang
diberikan.
Landasan berpikir untuk belajar Informatika dinamakan
berpikir komputasional (computational thinking). Berpikir komputasional ini
merupakan
suatu kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat
keras, perangkat
lunak, dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan
persoalan. Moda
berpikir (thinking mode) ini didukung dan dilengkapi dengan
pengetahuan
teoretis dan praktis, serta teknik untuk menganalisis,
memodelkan, dan
menyelesaikan persoalan. Siswa yang belajar informatika akan
mendalami
bagaimana suatu “sistem komputasional” berfungsi, baik yang
mengandung
komputer maupun tidak.
Saat ini, manusia hidup di era digital yang sering disebut
Industri 4.0. Dalam
Industri 4.0, banyak hal dilakukan oleh manusia dengan
memanfaatkan
mesin cerdas berbasis komputer dan internet. Masyarakat
sekarang ini
disebut Masyarakat 5.0 (Society 5.0) karena hidup di dunia
isik sekaligus di
Dunia yang seperti ini menjadi makin cepat berubah, banyak
hal menjadi
tidak pasti, persoalan yang dihadapi manusia makin rumit,
dan beragam
cara untuk melakukan hal yang sama. Sebagai contoh, dulu
orang harus
pergi ke toko atau ke pasar untuk berbelanja. Penjual juga
harus mempunyai
bangunan kios atau toko. Pemilik toko mempekerjakan pegawai
untuk
mengurus gudang, menjadi kasir, dan menangani berbagai
pekerjaan lain.
Pembeli juga harus membawa uang tunai untuk membayar.
Sekarang, orang
bisa berbelanja dari rumah, tidak harus pergi ke mana-mana
walaupun tidak
ada penjual keliling yang datang. Penjual juga bisa
berjualan dari rumah tanpa
perlu memiliki bangunan kios atau toko. Pembeli tidak harus
mengambil
uang di bank untuk membayar barang yang dibelinya karena bisa
membayar
dengan menggunakan uang digital. Contoh lain juga bisa kita
temukan atau
kita alami sendiri. Pembelajaran daring selama masa pandemi
adalah salah
satunya. Di dunia industri, lebih banyak lagi hal yang kini
dilakukan dengan
bantuan teknologi komputer. Segala sesuatu diselesaikan
secara otomatis
karena sudah ada robot-robot yang mampu mengerjakan
pekerjaan rutin yang
berulang-ulang. Cara orang melakukan kegiatan menjadi
berubah karena
teknologi komputer dan internet yang dimanfaatkan di
berbagai bidang.
2. Apa yang akan Dipelajari dalam Mata Pelajaran
Informatika?
Informatika mencakup aspek teoretis dan praktis, mendorong
kalian untuk
mengembangkan daya pikir kritis dan kreatif untuk
menghasilkan penemuan
(invention) terkait komputer dan sistem komputasi. Kalian
diharapkan mampu
mengaplikasikan prinsip-prinsip ilmiah yang dipelajarinya
untuk memahami
dunia nyata, kemudian menciptakan perangkat keras dan
perangkat lunak
yang memudahkan kehidupan. Dengan mengombinasikan prinsip,
praktik,
dan penemuan (principles, practice, and invention), kalian
akan menjadi
kreatif dan merasakan manfaatnya. Karena tidak hanya teoretis,
penerapan
informatika akan memberikan “surprise”, baik karena akan
berefek bahwa
produk menghasilkan sesuatu yang dapat diamati dan berfungsi
dengan baik
secara intelektual, bahkan dapat memunculkan seni keindahan
(“that is so
beautiful”).
Kalian akan mempelajari bidang-bidang pengetahuan
informatika, yang
dikelompokkan menjadi Berpikir Komputasional (BK), Teknologi
Informasi
dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), Jaringan
Komputer dan
Internet (JKI), Analisis Data (AD), Algoritma dan Pemrograman
(AP),
Dampak Sosial Informatika (DSI), dan Praktika Lintas Bidang
(PLB). Dalam
bahasa Inggris, bidang itu disebut: Computational Thinking
(CT), Information
and Communication Technology (ICT), Computing System (CE),
Computer
Network (NW), Data Analysis (DA), Algorithms &
Programming (AP), Social
Impact of Informatics (SOC), Computing Practices (CP).
Gambar 1.1 berikut
ini menggambarkan bidang-bidang pengetahuan atau elemen
pengetahuan
informatika tersebut.
a. Apa yang Dipelajari di Kelas VII?
Agar kalian bisa menyiapkan diri menghadapi masa depan
dengan
kemampuan yang mencukupi, dalam mata pelajaran Informatika
ini,
kalian akan belajar hal-hal berikut ini.
1. Berpikir Komputasional: dalam materi ini, kalian akan
belajar
menyelesaikan persoalan-persoalan sehari-hari yang di
baliknya
mengandung berbagai macam konsep keilmuan seperti
informatika,
matematika, sains, atau ilmu sosial.
2. Teknologi Informasi dan Komunikasi: dalam bagian ini,
kalian
akan belajar cara membuat karya digital, berkomunikasi via
surel,
menggunakan peramban untuk mencari informasi, serta
mengelola ile
dalam folder.
3. Sistem Komputer: dalam materi ini, kalian akan belajar
mengenai
deinisi komputer, Komputasi dan sistem komputasi,
bagian-bagian
utama komputer dan fungsinya, interaksi perangkat keras dan
perangkat lunak dengan piranti lain yang terhubung.
4. Analisis Data: dalam bagian ini, kalian akan belajar
tentang pengelolaan
dan penyajian data bervolume kecil untuk tujuan tertentu.
5. Algoritma dan Pemrograman: dalam materi ini, kalian akan
belajar membuat program dengan menggunakan blok visual untuk
menghasilkan suatu karya kreatif.
6. Dampak Sosial Informatika: dalam materi ini, kalian akan
belajar
mengenai sejarah perkembangan, peranan, dan dampak positif
maupun
negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan
seharihari.
3. Informatika dan Proil Pelajar Pancasila
Untuk menyiapkan diri menghadapi masa depan di era digital,
kalian juga
perlu membangun kebiasaan-kebiasaan baik yang menumbuhkan
karakter
yang baik pula. Bagi pelajar Indonesia, karakter yang baik
ini dirumuskan
sebagai Proil Pelajar Pancasila, yang memiliki ciri-ciri
berikut ini.
1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia
2. Berkebinekaan global
3. Mandiri
4. Bergotong Royong
5. Bernalar kritis
6. Kreatif
Terima kasih sudah membaca
Comments
Post a Comment