Rangkuman Bab 1 Informatika

                                                                  INFORMATIKA




1. Apa dan Mengapa Perlu Belajar Informatika?

Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan

pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar

perancangan tersebut. Komputasi adalah ilmu yang berkaitan dengan

pemodelan matematika dan penggunaan komputer untuk menyelesaikan

masalah-masalah sains. Istilah informatika sepadan dengan istilah dalam

bahasa Inggris informatics, computing, atau computer science.

Informatika mencakup pemodelan dari komputasi dan aplikasinya dalam

pengembangan Sistem Komputer. Apa itu komputasi? Menurut KBBI,

komputasi adalah: (1) penghitungan dengan menggunakan komputer; (2)

dalam matematika, penghitungan dengan menggunakan bilangan-bilangan

atau peubah-peubah yang dilaksanakan berdasarkan urutan langkah yang

diberikan.

Landasan berpikir untuk belajar Informatika dinamakan berpikir komputasional (computational thinking). Berpikir komputasional ini merupakan

suatu kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat

lunak, dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan persoalan. Moda

berpikir (thinking mode) ini didukung dan dilengkapi dengan pengetahuan

teoretis dan praktis, serta teknik untuk menganalisis, memodelkan, dan

menyelesaikan persoalan. Siswa yang belajar informatika akan mendalami

bagaimana suatu “sistem komputasional” berfungsi, baik yang mengandung

komputer maupun tidak.

Saat ini, manusia hidup di era digital yang sering disebut Industri 4.0. Dalam

Industri 4.0, banyak hal dilakukan oleh manusia dengan memanfaatkan

mesin cerdas berbasis komputer dan internet. Masyarakat sekarang ini

disebut Masyarakat 5.0 (Society 5.0) karena hidup di dunia isik sekaligus di

Dunia yang seperti ini menjadi makin cepat berubah, banyak hal menjadi

tidak pasti, persoalan yang dihadapi manusia makin rumit, dan beragam

cara untuk melakukan hal yang sama. Sebagai contoh, dulu orang harus

pergi ke toko atau ke pasar untuk berbelanja. Penjual juga harus mempunyai

bangunan kios atau toko. Pemilik toko mempekerjakan pegawai untuk

mengurus gudang, menjadi kasir, dan menangani berbagai pekerjaan lain.

Pembeli juga harus membawa uang tunai untuk membayar. Sekarang, orang

bisa berbelanja dari rumah, tidak harus pergi ke mana-mana walaupun tidak

ada penjual keliling yang datang. Penjual juga bisa berjualan dari rumah tanpa

perlu memiliki bangunan kios atau toko. Pembeli tidak harus mengambil

uang di bank untuk membayar barang yang dibelinya karena bisa membayar

dengan menggunakan uang digital. Contoh lain juga bisa kita temukan atau

kita alami sendiri. Pembelajaran daring selama masa pandemi adalah salah

satunya. Di dunia industri, lebih banyak lagi hal yang kini dilakukan dengan

bantuan teknologi komputer. Segala sesuatu diselesaikan secara otomatis

karena sudah ada robot-robot yang mampu mengerjakan pekerjaan rutin yang

berulang-ulang. Cara orang melakukan kegiatan menjadi berubah karena

teknologi komputer dan internet yang dimanfaatkan di berbagai bidang.

 

2. Apa yang akan Dipelajari dalam Mata Pelajaran Informatika?

Informatika mencakup aspek teoretis dan praktis, mendorong kalian untuk

mengembangkan daya pikir kritis dan kreatif untuk menghasilkan penemuan

(invention) terkait komputer dan sistem komputasi. Kalian diharapkan mampu

mengaplikasikan prinsip-prinsip ilmiah yang dipelajarinya untuk memahami

dunia nyata, kemudian menciptakan perangkat keras dan perangkat lunak

yang memudahkan kehidupan. Dengan mengombinasikan prinsip, praktik,

dan penemuan (principles, practice, and invention), kalian akan menjadi

kreatif dan merasakan manfaatnya. Karena tidak hanya teoretis, penerapan

informatika akan memberikan “surprise”, baik karena akan berefek bahwa

produk menghasilkan sesuatu yang dapat diamati dan berfungsi dengan baik

secara intelektual, bahkan dapat memunculkan seni keindahan (“that is so

beautiful”).

Kalian akan mempelajari bidang-bidang pengetahuan informatika, yang

dikelompokkan menjadi Berpikir Komputasional (BK), Teknologi Informasi

dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), Jaringan Komputer dan

Internet (JKI), Analisis Data (AD), Algoritma dan Pemrograman (AP),

Dampak Sosial Informatika (DSI), dan Praktika Lintas Bidang (PLB). Dalam

bahasa Inggris, bidang itu disebut: Computational Thinking (CT), Information

and Communication Technology (ICT), Computing System (CE), Computer

Network (NW), Data Analysis (DA), Algorithms & Programming (AP), Social

Impact of Informatics (SOC), Computing Practices (CP). Gambar 1.1 berikut

ini menggambarkan bidang-bidang pengetahuan atau elemen pengetahuan

informatika tersebut.

 

a. Apa yang Dipelajari di Kelas VII?

Agar kalian bisa menyiapkan diri menghadapi masa depan dengan

kemampuan yang mencukupi, dalam mata pelajaran Informatika ini,

kalian akan belajar hal-hal berikut ini.

1. Berpikir Komputasional: dalam materi ini, kalian akan belajar

menyelesaikan persoalan-persoalan sehari-hari yang di baliknya

mengandung berbagai macam konsep keilmuan seperti informatika,

matematika, sains, atau ilmu sosial.

2. Teknologi Informasi dan Komunikasi: dalam bagian ini, kalian

akan belajar cara membuat karya digital, berkomunikasi via surel,

menggunakan peramban untuk mencari informasi, serta mengelola ile

dalam folder.

3. Sistem Komputer: dalam materi ini, kalian akan belajar mengenai

deinisi komputer, Komputasi dan sistem komputasi, bagian-bagian

utama komputer dan fungsinya, interaksi perangkat keras dan

perangkat lunak dengan piranti lain yang terhubung.

4. Analisis Data: dalam bagian ini, kalian akan belajar tentang pengelolaan

dan penyajian data bervolume kecil untuk tujuan tertentu.

5. Algoritma dan Pemrograman: dalam materi ini, kalian akan

belajar membuat program dengan menggunakan blok visual untuk

menghasilkan suatu karya kreatif.

6. Dampak Sosial Informatika: dalam materi ini, kalian akan belajar

mengenai sejarah perkembangan, peranan, dan dampak positif maupun

negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan seharihari.

3. Informatika dan Proil Pelajar Pancasila

Untuk menyiapkan diri menghadapi masa depan di era digital, kalian juga

perlu membangun kebiasaan-kebiasaan baik yang menumbuhkan karakter

yang baik pula. Bagi pelajar Indonesia, karakter yang baik ini dirumuskan

sebagai Proil Pelajar Pancasila, yang memiliki ciri-ciri berikut ini.

1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

2. Berkebinekaan global

3. Mandiri

4. Bergotong Royong

5. Bernalar kritis

6. Kreatif

Terima kasih sudah membaca

Comments

Popular posts from this blog

Tentang M.Arshavin Navaro Santoso

Ranguman Bab 9 Informatika (Arshavin-7C)